Minggu, 13 November 2011

Cara Membuat....: Cara Mudah Mematikan Autorun CD & USB Drive Pada Windows XP

Hari ini saya membantu seorang rekan menginstall PC barunya. Karena sistemnya agak rewel, akhirnya perlu beberapa kali mencari driver yang tepat dan menginstall software yang diinginkan. Pada waktu melakukan proses ini berulang kali saya perlu mengakses data lewat master yang ada di Harddisk eksternal dan juga USB Flashdisk. Meski saya sudah tahu isinya, setiap kali saya tancapkan, Windows akan tetap saja setia mendeteksi dulu apa isi Flashdisk/Harddisk Eksternal yan saya gunakan. Hal ini cukup mengganggu mengingat proses trial-and-error yang saya lakukan.
Saya kemudian teringat dengan kumpulan catatan lama saya tentang Windows XP. Kalo nggak salah ada cara mendisable fasilitas dari Windows ini. Setelah beberapa saat lamanya mencari-cari di dalam tumpukan file, akhirnya saya temukan panduan ini.

Cara ini terbukti berjalan lancar di Windows XP Profesional yang saya gunakan. Anda mungkin harus menyesuaikan beberapa hal di Windows XP Home atau Win7 yang belakangan sudah banyak digunakan. Dulu saya lakukan hal ini untuk meminimalisir serangan virus yang memanfaatkan skrip autorun di dalam CD maupun Flashdisk USB.
Untuk memulai konfigurasi ini, Anda perlu memasukkan baris perintah berikut di menu Windows > Run.

gpedit.msc

Akhiri dengan mengklik tombol OK.
Selanjutnya akan muncul jendela Group Policy. Masuk ke bagian Local Computer Policy > Administrative Templates > System.

Di sisi kanan jendela, temukan baris pilihan Turn Off Autoplay.


Dobel klik baris tersebut, maka akan muncul jendela seperti berikut ini.

Pilih setting menjadi Enabled, dan pilih Turn Off Autoplay On: All Drives. Akhiri dengan mengklik OK.
Selesai.
Sekarang PC rekan saya bisa saya selesaikan lebih cepat dengan menghilangkan fasilitas Autorun setiap kali harddisk eksternal ditancapkan lewat USB. Dengan demikian saya juga meminimalisir kemungkinan serangan virus Autoplay.
Semoga bermanfaat.

Sumber http://guntingbatukertas.com/sistem-operasi/windows/cara-mudah-disable-autorun-cd-dan-usb-drive-pada-windows-xp/#ixzz1HL6iGixZ

0 komentar:

Posting Komentar