Sabtu, 05 November 2011

Triks n Tips : Partisi Linux 2

Lanjuut....
Nah, sekarang bagi yang masih sayang sama miss Windows, n suka mendua, he..he.. cari aja nona Lin.. (linux), ada bebarapa tips biar miss Windows dan nona Lin ga pada berantem,

  1. Beli 2 rumah (PC/laptop), ha.. ha.. ini mah bagi yang banyak duit, tapi kalau memang bisa beli, 1 buat miss Windows satunya lagi buat nona Lin.

  2. Bagi yang g bisa, mungkin bisa beli 2 Harley Davidson (HD), pasang (baca: install) dulu miss Windows di HD 2, sebab miss Windows suka ga mau mengalah alasan lain biar supaya nanti kalau miss Windows nya baru error dan butuh di install ulang tidak mempengaruhi boot loader-nya nona Lin -- ingat di HD 2!!!--, baru pasang nona Lin di HD 1.

  3. Kalau terpaksa gak bisa 2 pilihan diatas, terpaksa deh... :((, miss Windows sama nona Lin harus dalam satu "motor", berarti harus pintar-pintar bagi tempat nih!.


  4. ada beberapa kemungkinan pembagian tempatnya,
    • Harley-D baru, jadi tempatnya masih luas langkah pertama install miss Windows, buat partisinya hanya drive c, untuk drive d dsb buat partisinya saat nona Lin di install. Kemudian install nona Lin!. Untuk desain ruang untuk nona Lin kita anggap memberinya 3 ruang / , swap dan /home bisa seperti ini:


    • Harley-D tidak baru, berarti miss Windows sudah ada pada drive c, dan terdapat drive d, e, dan f, dengan kondisi seperti ini berarti salah satu drive harus dihapus untuk nona Lin, supaya aman, hapus drive f, jangan lupa backup data yang ada (kalau ga resiko tanggung sendiri), trus buat ruang partisinya seperti ini:

a. Kost
Cukup dengan 1 ruang untuk ditempati nona Lin,,, plus KM (swap) satu.

b. Tipe 21
Kalo masih cukup, kasih 2 ruang buat ruang utama (/) n ruang kerja (/home),

c. Terserah Anda...!!!

Kadang-kadang ada kasus, drive yang dihapus adalah drive d atau drive e, meskipun mungkin ga terlalu bermasalah, tapi ada beberapa hal yang nanti perlu diperhatikan dalam hal ini adalah masalah penamaan harddisk, kadang-kadang akan terjadi seperti berikut:

karena nona Lin tidak mengenal sistem drive tapi menggunakan sistem hierarchy directory", penamaan ruangnya berdasarkan posisi Harley Davidson (baca: HD), nama /dev/sda bila dijabarkan menjadi:
- / , direktori ini adalah direktori paling atas (sistem)
- dev, adalah direktori yang menampung nama-nama device(hardware)
- sda,, sd = salah satu nama hardware untuk harddisk, a = posisi harddisk pertama dalam PC, kalau ada HD kedua penamaan lengkapnya /dev/sdb, sedangkan angka-angka dibelakang /dev/sda adalah nomor urut partisi.
Dalam pembuatan partisi dan penamaannya nona Lin bisa dimaksimalkan dengan 3 jenis partisi primari dan 1 partisi ekstended, jumlah partisi logical sesuai kebutuhan.

hampir semua distro penamaan harddisk dan partisi sama, tapi untuk nama partisi extended kadang ada yang menamakan /dev/sda2 atau /dev/sd4, tapi secara default biasanya nama yang digunakan adalah /dev/sda4
Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang mau belajar instalasi sistem operasi GNU/Linu, tapi sebisa akang lho... Terima kasih.
http://yahya4ever.blogspot.com/2008/12/triks-n-tips-partisi-linux-2.html

0 komentar:

Posting Komentar